Cara Melatih Kucing Agar Mengerti Bahasa Manusia

By | May 4, 2017

Cara Membuat Kucing Mengerti Bahasa Kita

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang penurut dan penyayang. Seperti yang sudah kita ketahui, kucing bisa mengetahui perasaan manusia. Nah, apabila memelihara kucing, sudah seharusnya kita mengajaknya bermain ataupun meluangkan waktu bersama. Sisihkan sedikit waktu untuk mengajak kucing bermain agar kucing semakin akrab dengan kita. Jika kucing merasa diperhatikan dan disayang oleh pemiliknya, mereka akan menurut dan tidak nakal atau mengganggu.

Kita memang memiliki bahasa yang berbeda dengan kucing, tetapi ada tips dan cara melatih kucing agar mengerti bahasa manusia. Tujuannya tentu untuk memberitahu si kucing melarang tidak melakukan sesuatu atau untuk mengajak si kucing mengikuti kita. Saat kucing sudah memahami bahasa yang kita gunakan, kucing akan makin setia.
Cara membuat kucing mengerti bahasa manusia

Bahasa yang kita pergunakan pada kucing sebaiknya bahasa yang sama. Beberapa orang melatih kucing dengan menggunakan Bahasa Inggris, maka pastikan untuk selalu menggunakan kata dalam Bahasa Inggris saja. Hindari mencampur kata dalam dua atau tiga bahasa meskipun artinya sama, kucing akan bingung dan melatihnya akan butuh waktu lama. Sebelum melatih kucing berkomunikasi, sebaiknya berilah nama pada kucing. Jika sudah dipelihara sejak bayi, berikan nama dan selalu gunakan nama itu ketika memanggilnya. Sebagai contoh, beri nama Pus pada si kucing.

Cara Agar Kucing Mengerti

Agar kucing mengerti bahasa kita, berikan juga gerakan tubuh yang sesuai. Misalnya ketika memberi makan, tunjukkan mangkuk makan si kucing sambil berkata “Pus, ayo makan” atau “makan disini, Pus”. Katakan kata yang sama ketika menyiapkan makanannya. Dalam beberapa hari, kucing akan hafal bahasa tersebut.

Salah satu dilema ketika memelihara kucing adalah ada beberapa kucing yang suka mencuri makanan dari meja makan. Nah, ketika kucing mulai melompat naik ke meja makan, jangan langsung dipukul. Cukup katakan “jangan, Pus!” atau “Pus, nggak boleh!” Pastikan nada bicara tegas dan tidak terkesan main-main agar kucing tahu bahwa naik meja makan tidak diperbolehkan. Untuk mengusir kucing agar tidak naik ke meja makan, biasakan untuk tidak menyimpan makanan kucing di dapur. Jadi, saat masih lapar, kucing akan menuju tempat makanannya sendiri sebagai tanda makanan di mangkuknya sudah habis.
Cara agar kucing mengerti ucapan bahasa kita

Kucing memiliki naluri alamiah suka mencakar benda disekitarnya. Bagi kucing yang dipelihara, perabotan rumah seperti sofa, bantal, atau kasur tentu menjadi mangsa empuk cakar si kucing. Segera beritahu kucing untuk berhenti mencakar perabotan dengan memarahinya sambil berkata “berhenti, Pus” atau “tidak boleh”. Siapkan tempat khusus bagi si kucing untuk melatih kuku-kukunya. Gunakan kayu yang sudah digunakan. Beritahu kucing untuk mencakar disitu dengan mengajaknya ke kayu ketika kucing mulai mencakari perabot rumah. Jika ia masih bandel, berilah hukuman memasukkannya ke kandang kucing selama beberapa waktu.

Berbicara dengan kucing agar ia mengerti dan paham maksud kata ucapan yang kita perintahkan tidak hanya dalam hal memberikan larangan saja. Ada kalanya kucing harus dipuji sehingga siapkan kata pujian bagi kucing. Tak perlu yang muluk-muluk dan panjang kalimatnya. Cukup katakan “bagus” atau “Pus pintar” untuk memujinya. Gunakan nada bicara riang serta garuk belakang telinganya atau gendong si kucing. Pujian bagi kucing bisa diberikan ketika mereka mulai bisa melakukan sesuatu yang benar, misalnya saja saat kucing buang kotoran di tempat yang sudah disediakan. Selain itu, contohnya pada kasus mencakar perabotan, jika kucing langsung menuju kayu khusus untuk mencakar, berikan pujian pada kucing.

Kucing akan cepat tanggap ketika nama mereka selalu digunakan selama kita berkomunikasi dengan mereka. Ketika ingin mengajaknya mengikuti kita, gunakan pula namanya. Ayunkan tangan sambil berkata “Ayo, Pus” dan mulailah berjalan. Kucing akan langsung mengekor dibelakang kita. Latihan-latihan seperti ini memang butuh waktu lama serta keuletan, apalagi bagi kucing yang baru dipelihara ketika mereka sudah besar. Kesabaran dalam melatih kucing akan membuahkan hasil kucing yang penurut dan bisa diajak berkomunikasi dengan baik.

Pecinta Kucing

Your email address will not be published. Required fields are marked *