Cara Membuat Kandang Kucing

By | April 5, 2017

Kandang Kucing

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang terfavorit. Salah satu alasannya dipilihnya kucing sebagai binatang peliharaan adalah bulu-bulu yang halus dan tingkah lucu kucing yang bisa dekat dengan manusia serta jenis-jenis kucing yang beraneka ragam dengan daya tarik dan kelebihannya masing-masing.

Untuk memeliharanya, tentu kita memerlukan sebuah kandang. Kandang kucing merupakan syarat untuk merawat seekor kucing terutama untuk memudahkan pemilik untuk mengontrol kondisi si kucing serta menghindarkan kucing dari pemangsa dan hewan yang mengganggu keberadaan kucing. Biasanya kita akan berusaha memilih kandang yang sebaik mungkin demi kenyamanan si kucing serta mencegah kucing stress, namun harga kandang kucing yang dijual di pasaran sangat bervariatif. Terkadang biaya pengeluaran untuk membeli kandang seringkali tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Kandang kucing

Kandang kucing alumunium yang memanfaatkan lemari bekas dari rak piring

Nah, untuk kali ini akan disajikan beberapa informasi cara untuk membuat kandang kucing sendiri dengan harga yang terjangkau. Jadi saat ini kita tidak perlu takut dan bingung untuk mendapatkan kandang yang nyaman dengan biaya yang relative murah. Berikut adalah beberapa kandang yang bisa kita buat sendiri untuk kucing kesayangan kita.

Cara Membuat Kandang Kucing Sederhana

Kandang Kucing Dari Pipa
Harga kandang kucing yang terbuat dari alumunium atau bahan sejenisnya yang ada dipasaran biasanya cukup mahal. Untuk mensiasatinya, kita dapat menggunakan pipa untuk kandang kucing. Kandang dari pipa ini tidak menghabiskan banyak biaya. Selain itu pipa juga memiliki ketahanan yang cukup baik. Punya desain yang simpel serta tampilannya juga bersih. Pembuatan kandang ini juga tidak begitu rumit.

Bahan bahan yang diperlukan
• Pipa air untuk kerangka kandang
• Fitting pipa L dan fitting T untuk menyambung bagian bagian pipa sesuai bentuk yang diinginkan.
• Kawat jarring, atau kita juga dapat menggunakan net untuk menyelimuti bagian sisi kandang.
• Triplek untuk bagian alas atau dasaran kandang.
• Engsel untuk pintu kandang.

Cara membuat kandang kucing sederhana

kandang kucing sederhana dan simpel yang dibuat dari pipa

Cara bikin kandang kucing dari pipa
Pertama, membuat kerangka kandang dengan menyambungkan pipa yang telah dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan menggunakan fitting pipa L dan T. Ukuran pipa yang digunakan sebaiknya dipertimbangkan untuk kenyamanan kucing.

Kedua, membuat engsel untuk pintu kandang. Dengan menyambungkan 2 buah fitting T membentuk huruh H. Kemudian pada salah satu fitting T didalamnya diberi pipa yang lebih kecil dari pipa yang lain sehingga pipa dapat bergerak dengan bebas seperti engsel. Pasang juga kunci pada pintu.

Ketiga, potonglah triplek untuk alas kandang sesuai ukuran yang dibuat pada kerangka. Kita dapat mneggunakan tali atau kawat untuk merekatkan triplek dengan kerangka kandang.

Keempat, pasang kawat jarring atau net pada setiap sisi kerangka kandang dengan bantuan tali atau kawat.

Kelima, untuk berilah tambahan tempat seperi tempat bertengger atau nongkrong dan memepermudah kucing untuk melihat sekelilingnya. Berikan perlengkapan lainnya seperti alas untuk tidur. tempat makan, dan benda yang lain yang untuk menunjang kenyamanan kucing.

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan adalah triplek dan kawat jaring merupakan bahan yang rentan terhadap air serta mudah lapuk, keropos dan berkarat. Untuk itu, kita pelu menjaga tingkat kekeringan kandang sehingga kandang dapat bertahan lebih awet. Untuk menghindari itu, lebih baik kita menggunakan net sebagi opsi pilihan yang lain. Tapi semuanya tergantung pada selera kita.

Biaya yang dihabiskan untuk membuat kandang ini relative terhadap ukuran kandang yang kita buat. Kandang dari pipa ini juga terlihat unik dengan desain yang cukup mudah. Kelebihan lainnya adalah dari segi biaya yang dihabiskan tentunya bisa disesuaikan dengan budget kita. Nilai plus lainnya yakni kandang memiliki bobot yang ringan sehingga kita dapat memindahkannya dengan mudah jika tempat kita meletakkan kandang kurang sesuai dengan keinginan, dan mudah untuk dimodifikasi.

Kandang Kucing Dari Lemari Tak Terpakai

Cara buat kandang kucing

kandang kucing kayu yang terbuat dari lemari bekas pakaian


Alternative lainnya untuk membuat kandang kucing adalah memanfaatkan lemari bekas. Jika di rumah kita memiliki lemari yang sudah tidak terpakai, kita dapat menggunakannya menjadi kandang kucing. Baik lemari kayu maupun lemari alumunium pun dapat kita jadikan sebagai kandang. Dengan menggunakan lemari bekas, kita bisa mengganti salah satu sisi dari lemari dengan kawat jaring.

Kandang dari lemari bekas ini cukup terjangkau karena kita memanfaatkan lemari yang sudah tidak terpakai. Kandang seperti ini cukup mudah untuk dipraktekkan karena kita tidak perlu mendesain ulang bentuk kandang. Kita hanya perlu merapikan bagian atau sisi dari lemari untuk memudahkan kucing dapat dilihat atapun melihat sekelilingnya dengan mudah. Kita juga dapat menambahkan inovasi lain dalamnya sebagai arena bermain untuk kucing peliharaan kita.

Cara bikin kandang kucing sederhana diatas bisa kita buat sendiri sesuai selera. Kita bebas menggunakan imajinasi untuk mendesain ruang ataupun kerangka beserta pernak-pernik yang akan ditempatkan di dalam kandang, selamat berkreasi.

Pecinta Kucing

Your email address will not be published. Required fields are marked *