Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli Ras Original

By | April 17, 2017

Kucing Anggora Asli

Anggora merupakan salah satu jenis kucing ras yang paling digemari. Tak hanya bentuk tubuhnya yang gemuk, bulunya yang halus dan wajahnya yang menggemaskan mudah membuat orang jatuh cinta pada binatang yang satu ini. Ditambah lagi, Anggora adalah hewan peliharaan yang sangat aktif dan lincah ketika diajak bermain. Kucing yang kabarnya berasal dari Turki ini bahkan dibanderol dengan harga mahal di pasaran. Harga kucing ras asli Anggora dihargai minimal sekitar 4 juta untuk yang berusia 3 bulanan. Harga kucing anggora bisa mencapai 15 juta juga lho.

Selain berharga mahal, ada pula jasa yang khusus menyediakan kucing anggora untuk dikawinkan. Tentunya harganya juga terbilang tinggi. Jika kita ingin memelihara kucing anggora, kita bisa membeli ataupun dengan cara mengadopsinya. Anggora juga sering di mix atau dikawinkan dengan kucing kampung. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita mengetahui bagaimana ciri-ciri kucing anggora asli agar tidak tertipu ketika membeli. Berikut ini hal-hal yang harus dikenali mengenai kucing Angora baik anak maupun induknya mulai dari bentuk kepala, mata, kaki, ekor, hingga bagian bulunya.

Ciri-Ciri Kucing Anggora

Cara mengenali kucing anggora ras asli adalah dari bentuk kepalanya. Kepala kucing anggora berbentuk segitiga terbalik. Bagian atas kepala lebar, lalu mengerucut ke bagian dagu. Kucing anggora memiliki kepala lonjong dan hidungnya panjang. Bulu di wajah bisa menjadi patokan pembeda kucing anggora dengan kucing Persia. Bulu kucing anggora di bagian kepala dan wajah tidak terlalu panjang sementara kucing Persia memiliki bulu panjang di bagian kepala. Sisi muka kucing anggora jadi terlihat lebih lonjong. Sisi kepala yang seperti itu dipercaya menunjukkan kejantanan kucing anggora jantan sehingga mereka gampang menarik hati para kucing betina. Untuk bentuk telinga, kucing anggora memiliki daun telinga yang lebar. Kedua telinganya naik ke atas cukup tinggi. Jarak kedua telinga kucing anggora saling berdekatan, membuatnya terlihat seperti telinga kucing lokal. Sama seperti bagian kepala, telinga kucing anggora juga tidak dipenuhi bulu panjang.

Ciri-ciri kucing Anggora

salah satu ciri khusus kepala berbentuk segitiga terbalik

Salah satu bagian yang membuat banyak orang jatuh cinta pada kucing anggora adalah matanya. Kucing anggora yang masih asli dan murni memiliki mata yang sedikit miring ke atas dan bentuknya mirip kacang almond. Warna mata kucing anggora beragam, mulai dari biru, kuning, hingga abu-abu. Uniknya, ada beberapa kucing anggora yang memiliki dua warna mata dimana warna mata kanan dan kirinya berbeda. Fakta unik lainnya dari kucing berbulu panjang dan lebat ini adalah beberapa kucing anggora yang bermata biru biasanya tuli. Namun, jangan khawatir, tidak semua anggora bermata biru menjadi tuli.

Kucing Anggora asli

punya warna mata yang unik, umumnya biru dan kuning, terkadang campuran antara keduanya

Dari bentuk tubuh, ciri-ciri kucing anggora keturunan asli adalah tubuhnya panjang dan bagian belakangnya sedikit lebih tinggi. Struktur tulang kucing anggora ras yang masih original sangat bagus dan biasanya nampak jelas. Contohnya pada bagian hidungnya, kucing anggora memiliki hidung mancung dengan garis tulang yang terlihat kokoh. Ujung hidung kucing anggora sedikit naik ke atas, membuat lubang hidungnya terlihat.

Ciri ciri anak kucing Anggora

memiliki ukuran berbadan panjang dengan bagian depan lebih condong kebawah

Pada bagian kaki, kucing anggora tergolong kucing yang bertubuh ‘tinggi’ dibanding kucing ras lainnya. Kaki-kakinya yang berbentuk langsing tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi kucing yang satu ini. Sementara itu, pada bagian ekornya, ciri kucing Anggora yang masih tergolong ras murni memiliki karakteristik bentuk ekor yang panjang dan ditumbuhi bulu yang tebal. Bahkan, bulu pada ekor lebih lebat dan panjang dibanding pada bagian tubuh lain. Ekor kucing anggora mengembang seperti ekor musang, dan tak jarang pula yang menyebut ekor kucing anggora seperti sebuah sikat.

Cara mengetahui apakah kucing Anggora asli atau palsu

kaki dan tangan yang lebih panjang menjadikan kucing anggora nampak terlihat lebih tinggi

Keunikan kucing anggora belum berhenti sampai ekornya saja, bulunya juga tergolong unik. Daya tarik kucing anggora sebagian besar memang karena bulunya yang panjang dan halus. Bulu kucing anggora ternyata bisa menyesuaikan diri dengan cuaca juga lho. Ketika cuaca sedang panas, pertumbuhan bulu si kucing pendek saja. Sementara saat cuaca dingin, bulu kucing anggora akan tumbuh dengan cepat. Dari segi bulu, ciri-ciri kucing anggora asli adalah bulunya tidak terlalu lebat dan tidak terlalu panjang. Bulu lebatnya hanya ada di bagian tubuh tertentu, seperti di leher dan ekor.

Kucing Anggora ras asli

salah satu daya pikat Anggora: berbulu indah nan halus

Saat dipelihara, sebaiknya Anggora tidak dikurung terus-menerus di kandang kucing. Soalnya, kucing cantik ini terkenal sebagai binatang peliharaan yang aktif bergerak dan enerjik. Mereka lebih suka dibiarkan berkeliaran bebas di rumah, atau bersama pemiliknya. Namun, jangan khawatir si anggora nakal karena kucing ini cerdas sehingga mudah dilatih.

Kucing anggora suka tempat tinggi, jadi jangan heran kalau ia tiba-tiba kita temukan sedang berada diatas lemari. Lucunya lagi, kucing ini sangat berisik dibanding jenis kucing lain. Anggora suka mengawasi sekeliling sambil mengeong. Dengan mengenal berbagai informasi mengenai tips ciri dan tanda yang dimiliki kucing Anggora asli diatas, diharapkan kita tidak salah memilih saat akan membeli kucing ras ini.

Pecinta Kucing

Your email address will not be published. Required fields are marked *