Makanan Dan Susu Untuk Anak Kucing

By | April 16, 2017

Susu dan Makanan Yang Cocok Buat Anak Kucing

Hewan yang baru dilahirkan pada umumnya masih mendapatkan makan yang berupa air susu dari induknya, begitu pula dengan kucing. Kandungan kolostrum yang keluar bersama air susu induknya pada 2 hari pertama sangat baik untuk bayi kucing yang baru lahir. Hal ini karena kolostrum tersebut mengandung banyak antibiotic dan mineral lainnya yang dapat membantu menghindarkan anak kucing dari berbagai penyakit dan membantu proses metabolisme anak kucing.

Jika berbicara makanan apa yang paling cocok untuk anak kucing, jawaban yang paling tepat adalah asi eklusif dari sang induk. Nutrisi yang terdapat dalam air susu tersebut sudah cukup untuk memenuhi gizi anak kucing selama waktu beberapa minggu. Anak kucing mulai dapat diberikan makanan pada umur 4 sampai 5 minggu. Dalam usia tersebut kita mulai boleh memberi makanan kepada anak kucing.

Makanan anak kucing umur 1 bulan

anak kucing yang berumur dibawah 1 bulan cukup diberi susu saja

Hal yang juga wajib diperhatikan adalah dengan mengawasi perkembangan dan kesehatan serta kebersihan kandang kucing peliharaan. Kita juga perlu memperhatikan makanan yang kita berikan. Proses sistem pencernaan anak kucing masih belum sempurna. Untuk itu, pada rentang umur 1 bulan kita belum bisa memberi makanan pada anak kucing. Akan tetapi kita dapat membantu memberikan susu untuk induknya. Lantas, apa saja makanan dan susu yang baik dan sesuai untuk diberikan pada mereka? Baik untuk kucing kampung ataupun kucing ras, bisa dengan menerapkan tips dibawah ini.

Susu Untuk Anak Kucing

Untuk anak kucing yang dudah berumur 4 sampai 5 minggu, mereka mulai aktif untuk bergerak dan bermain, termasuk mencoba atau belajar mencari makan dan induknyapun mulai sering meninggalkannya. Kita dapat menambahkan susu di sekitar tempat tinggal rumah kucing atau salah satu ruang pada kandang jika kucing kita diletakkan pada kandang.

Ada beragam susu anak kucing. Susu formula khusus untuk anak/bayi kucing yang dapat kita berikan salah satunya adalah Growssy. Harga relative terjangkau dan mudah ditemukan. Susu ini rendah laktosa serta dapat menunjang pertumbuhan dan pemenuhan gizi kucing. Untuk mendapatkan merk susu ini, kita dapat membelinya di petshop dan sejenisnya.

Susu untuk anak kucing

salah satu produk susu khusus untuk anak/bayi kucing yang masih kecil

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat memberikan susu kepada anak kucing, hindari memberi susu sapi karena nutrisinya berbeda. Perbedaan kandungan nutrisi ini dapat menimbulkan keracunan dan diare. Jika kita membeli di toko perhatikan label yang tertera susu itu diformulasikan untuk anak kucing atau tidak.

Makanan Untuk Anak Kucing

Pada saat kita ingin mencoba untuk mulai memberi makan kucing kita, makanan yang paling cocok untuk anak kucing adalah makanan yang berbentuk bubur. Kucing yang berusia sekitar satu bulanan atau antara 4 sampai 5 minggu pencernaannya masih belum sempurna.

Nah, sebelum kita memberikan makanannya, sebaiknya kita rendam makanan kucing dengan air hangat secukupnya. Kemudian lumatkan atau hancurkan hingga berbentuk seperti layaknya bubur. Makanan yang lembek ini akan lebih memudahkan kucing untuk mencernanya.

Makanan anak kucing

makanan untuk anak kucing yang masih kecil tidak boleh keras karena akan mempersulit proses pencernaan

Anak kucing yang baru diberi makan biasanya perlu diperkenalkan terlebih dahulu dengan makanannya. Caranya adalah dengan menyuapi kucing dengan pipet kemudian mengoleskan makanan dekat mulutnya. Karena anak kucing belum terbiasa makan, jangan paksakan anak kucing untuk makan karena seiring dengan berjalannya waktu secara naluri alamiah mereka akan menuntun sendiri untuk mulai makan.

Kucing yang berusia 4 sampai 5 minggu biasanya membutuhkan asupan makan setiap tiga jam sekali. Namun kita juga perlu memperhatikan jumlah kapasitas yang sanggup dimakan. Biasanya, kucing makan 2 persen dari berat tubuhnya sehingga untuk anak kucing jangan terlalu banyak memberikan makan. Seiring dengan waktu, kucing akan mampu mencerna makanan yang padat. Untuk itu kita dapat menggantinya tingkat atau kadar air dalam bubur setiap 2 minggu sekali hingga kucing mampu mencerna makanan padat.

Demikian beberapa tips dan informasi mengenai makanan dan susu yang cocok untuk anak kucing. Pemberian makanan serta susu yang tepat dapat mempengaruhi pertumbuhan kucing dengan baik. Semoga informasi tadi dapat menjadi referensi kita untuk memberi mulai mengenalkan makanan pada kucing dan semoga bermanfaat.

Pecinta Kucing

Your email address will not be published. Required fields are marked *