Bahasa Tubuh Kucing

By | May 8, 2017

Cara Mengerti Bahasa Kucing

Setiap makhluk hidup memiliki caranya sendiri untuk saling berkomunikasi, termasuk juga pada hewan. Salah satu hewan kesayangan yang sering dipelihara adalah kucing. Oleh karena itu diperlukan komunikasi dengan kucing. Untuk menunjukkan perhatian serta kasih sayang kita dengan hewan kesayangan, tentunya tidak lepas dari interaksi diantara keduanya. Kita juga bisa mencoba melatih kucing untuk mengerti bahasa manusia. Lantas, bagaimana cara mengetahui perasaan kucing?

Walaupun kucing belum paham bahasa yang kita ucapkan dan kita juga tidak mengerti apa yang diucapkan oleh kucing. Namun, kita ataupun kucing bisa saling merasa dan memahami apa yang sedang dialami. Salah satu tips untuk berkomunikasi dengan mereka adalah dengan cara mengerti bahasa kucing dengan memperhatikan gerakan tubuh mereka. Bahasa tubuh kucing yang ditunjukkan mengekspresikan bagaimana perasaan dan emosi mereka serta keinginan mereka.
Cara memahami bahasa kucing

Sebuah keuntungan jika kita paham arti dan isyarat bahasa tubuh dari kucing. Dengan cara tersebut kita sekaligus juga lebih mudah memahami serta memantau keadaan dan kondisi kesehatan si kucing. Berikut ini adalah beberapa gerak-gerik atau bahasa tubuh kucing yang dapat kita pelajari untuk mengerti keadaan kucing. Apapun jenisnya baik kucing kampung maupun ras seperti persia, anggora, himalayan, peaknose, shorthair, burmese, main coon, dll, pada dasarnya memiliki bahasa tubuh kucing yang sama.

Bahasa Kucing dan Artinya

Bahasa kucing melalui mata
Kucing memiliki mata yang sangat ekspresif, bening dan juga memiliki tatapan yang tajam. Untuk itu, kita juga dapat memahami gerak-gerik kucing melalui matanya.

  1. Mata mengedip lambat dan pupil mengecil

Mata kucing yang mengedip secara perlahan biasanya mennjukkan bahwa kucing secang merasa senang dan bersantai dengan menikmati kondisi santainya. Pada saat pupil mata kucing mengecil berarti menunjukkan aatau mengindikasikan kucing dalam keadaan stress.

  1. Kucing yang menatap tanpa berkedip

Kucing dengan tatapan tajam seperti ini biasa dilakukan si kucing yang sedang mengintimidasi lawan. Dalam keadaan yang seperti ini, sebaiiknya kita tidak mendekati atau mengecohkan pandangannya.

  1. Pupil mata membesar

Pupil kucing yang membesar biasanya menunjukkan bahwa kucing sedang dalam ketakutan, penasaran, marah atau bahkan kondisi mata karena ruangan gelap.

Bahasa kucing melalui gerak telinga
Selain mata, posisi telinga juga dapat menunjukkan ekspresi kucing.
Bahasa kucing dan artinya

  1. Telinga melipat ke samping

Telinga dengan kondidi seperti diatas menunjukkan bahwa mereka sedang berusaha untuk melindungi dirinya dari serangan dan menandakan juga bahwa ia tunduk terhadap lawan. Kucing dengan posisi telinga seperti ini bisa saja menjadi agresif.

  1. Telinga bergerak ke belakang

Ketika seekor kucing sedang menggerakkan telinganya ke belakang seperti pada gambar, menunjukkan bahwa kucing sedang marah dan bersiap untuk menyerang.

  1. Memutar telinga

Seekor kucing yang sedang memutar seolah berputar 180 derajat dengan arah maju, mundur, naik, turun. Gerakan kucing memutar telinganya ini berarti bahwa sang kucing sedang mendengar dan mengecek suara.

  1. Telinga kucing yang kerkedut-kedut

Telinga kucing yang berkedut-kedut mengisyaratkan bahwa kucing dalam keadaan yang gelisah dan gugup. Namun jika kedutan terjadi terus-menerus tanpa henti, itu menandakan adanya masalah medis.

  1. Telinga kucing yang bergerak tidak terarah

Pada saat telinga kucing bergerak bebas terpisah satu sama lain, sesungguhnya ia ingin mengatakan bahwa ia dalam keadaan yang ragu dan tidak yakin dengan apa yang akan ia lakukan.

Bahasa tubuh kucing melalui gerakan ekornya
Bagian ekor kucing sering menjadi indikator yang paling dipahami oleh seseorang untuk mengetahui perasaan kucing. Ada juga pendapat yang menyatakan jika kita memegangi dan memainkan dengan menekan-nekan ekor kucing, mereka akan marah.

Bahasa ekor kucing

arti gerakan dari bahasa ekor kucing

  1. Ekor tegak lurus ke atas

Kucing yang menggerakkan ekor kucing ke atas seperti ini menandakan kucing sedang bersantai dan bergembira.

  1. Ekor tegak ke atas dengan ujung melenting

Ekor dalam keadaan tersebut memiliki arti bahwa kucing masih dalam keadaan senang namun berwspada dengan sekelilingnya. Kondisi ini juga menandakan ada seseorang ataupun hewan lain yang sedang menarik perhatiannya.

  1. Ekor masuk di antara kaki dan bulunya mengembang

Ekor kucing dalam keadaan tersebut menunjukkan bahwa kucing dalam keadaan ketakutan ataupun pada saat terkejut.

  1. Ujung ekor bergerak lambat

Pada saat ujung ekor kucing bergerak lambat, itu menunjukkan bahwa seekor kucing sedang terfokus da berkonsentrasi dengan suatu hal.

  1. Ujung ekor bergerak cepat

Pada saat ujung ekor kucing bergerak cepat, ini merupakan sinyal bahwa kucing sedang merasa terganggu dengan sesuatu hal yang diperhatikan, terutama dengan kedatangan kucing lain.

  1. Ekor yang tiba-tiba tegak lurus dengan bulu mengembang

Jika ekor kucing dalam keadaan ini, maka itu pertanda bahwa kucing sedang memberikan isyarat mundur untuk lawannya atau pada saat melihat objek yang lebih besar.

  1. Ekor berayun dari satu sisi ke sisi lain dengan tidak beraturan

Ekor kucng dengan keadaan tersebut menandakan kucing sedang bersiap-siap untuk mengambil tindakan kepada sesuatu hal. Hal ini juga bisa terjadi ketika kucing baru saja mengalami ketakutan.

  1. Ekor berayun ke kanan atau ke kiri

Kondisi ini menunjukkan kucing dalam keadaan nyaman dan masih santai.

Bahasa tubuh kucing melalui gerak-gerik tubuhnya
Bahasa kucing

  1. Kucing menggosok-gosok badannya

Dalam keadaan ini berarti kucing tengah mencari perhatian kita dan mengajak bermain. Selain itu, tujuan dari menggosok-gosokkan tubuhnya kepada kita adalah untuk menyebar bau tubunya ke kita, sehingga mereka lebih mudah mengenali kita. Hal ini biasa dilakukan kucing kepada majikannya.

  1. Gerak-gerik tubuh waspada

Kucing dalam keadaan waspada seringkali akan berbaring sambil menapat sesuatu yang dianggapnya sedikit membahayakan. Mereka biasanya juga menggunakan salah satu kakinya untuk mengusir sesuatu objek yang membuatnya terganggu.

Demikian tips mengenai cara untuk memahami dan mengerti bahasa tubuh kucing melalui gerak mata, posisi telinga, gerakan ekor hingga gerakan tubuhya. Dengan mengetahui arti dari maksud kucing, kita menjadi tahu tindakan apa yang cocok untuk diperlakukan kepada si meong kesayangan sehingga dapat membuat kita semakin akrab dengan mereka.