Cara Mengobati Kucing Demam

By | March 1, 2017

Kucing Demam

Selain manusia, ternyata kucing juga bisa mengalami demam lho. Penyakit demam pada kucing ini rata-rata disebabkan oleh sistem tubuh yang bekerja melawan virus penyakit. Selain itu, demam pada kucing dapat juga disebabkan oleh adanya infeksi jamur, virus, menurunnya sistem kekebalan tubuh, autoimun, trauma fisik, kanker atau tumor, dan alergi.

Kucing umumnya memiliki suhu normal sendiri. Namun, jika kesulitan mendeteksi apakah kucing kesayangan kita mengalami demam atau tidak, kita bisa melihat dari gejala-gejalanya. Jika menemukan tanda-tanda seperti keadaan dibawah ini, segera lakukan pertolongan pada kucing peliharaan kita. Berikut ini ciri-ciri kucing yang mengalami demam panas.

Ciri-Ciri Kucing Demam

1. Muntah-muntah
2. Badan kucing panas
3. Berat badan menurun
4. Nafsu makan berkurang
5. Hidung mengeluarkan ingus
6. Kucing diare atau mencret
7. Sering minum atau kehausan
8. Mulut kucing mengeluarkan bau
9. Terdapat bengkak pada tubuhnya
10. Bulu kucing mengalami kerontokan
11. Kucing lebih sering tidur atau malas-malasan
12. Telinga, hidung, mata, dan mulut mengeluarkan cairan

Mengobati kucing demam

Mengobati kucing yang mengalami sakit demam panas

Mengobati Kucing Demam

Lantas, bagaimana cara mengatasi permasalahan ini? Adakah obat yang manjur untuk kucing yang terkena sakit demam panas? Berikut ini beberapa tips dan cara mengobati kucing yang mengalami demam.
1. Berikan air putih yang cukup
Saat demam, sama halnya pada manusia, kucing juga akan mengalam dehidrasi tubuh. Sehingga berikanlah air putih yang cukup pada kucing yang sedang demam.

2. Berikan vitamin B
Vitamin B merupakan sumber utama energi yang dapat diberikan pada kucing yang mengalami demam. Selain itu, vitamin B dapat meningkatkan nafsu makan pada kucing.

3. Berikan tolfenamic acid
Yaitu merupakan obat antidemam khusus untuk kucing. Selain mengatasi demam, dapat juga mengatasi trauma, tumor, infeksi, dan penyakit lainnya pada kucing. Pemberiannya cukup dengan dosis 1 tablet untuk 3-5 hari.

4. Berikan meloxicam
Obat ini merupakan obat menurunkan demam khusus untuk kucing dan anjing.

5. Dinginkan tubuh kucing
Hal ini dapat dilakukan dengan memindahkan kucing pada tempat yang lebih sejuk atau terdapat kipas angin. Atau dapt juga membasuhkan air pada tubuh kucingsehingga akan terjadi penguapan yang baik.

6. Berikan antibiotik sesuai dengan resep dokter
Demam yang disebabkan oleh infeksi bakteri dapat diberikan antibiotik sesuai dengan saran dan resep dokter. Beberapa antibiotik yang aman dan paling sering diresepkan dokter untuk demam pada kucing adalah
– Amoxicillin dan ampisilin
– Marbofloxacin
– Doxycycline
Pemberian antibiotik ini dapat dilakukan selama berkala selama 7 hari sekali sampai habis.

Nah, itulah langkah-langkah yang perlu kita lakukan sebagai cara untuk mengobati kucing yang demam. Jangan lupa untuk memantau kondisinya. Kita juga bisa membantunya denga memindahkannya ke tempat yang lebih sejuk. Demam yang menyerang kucing tidak memandang umur. Baik kucing yang telah beranjak besar maupun yang masih anak kucing tetap bisa terkena serangan demam.