Cara Menjinakkan Kucing Liar

By | October 4, 2016

Cara ini bisa Anda pakai ketika ingin memelihara kucing kampung lokal ataupun kucing liar. Kucing jenis ini memang terbiasa dengan lingkungan yang keras sehingga jika didekati akan langsung berlari pergi. Dari sini Anda akan mempelajari bagaimana cara menangkap lalu mengambil kucing liar tersebut untuk dipelihara.

Jika Anda memaksanya dengan mengejar dan menangkapnya hanya akan membuatnya semakin depresi ketika dipelihara. Lantas, bagaimana tehnik yang lebih efektif? Berikut ini akan diberikan step by stepnya untuk mulai menjinakkan kucing liar jalanan.
Tips Untuk Menjinakkan Kucing Liar Galak

Tips Menjinakkan Kucing Liar

Menangkap Kucing
Untuk cara menangkapnya secara halus yang Anda perlukan hanya makanannya saja, Anda bisa menggunakan daging olahan masakan atau ikan sebagai umpannya. Lempar sebagian umpan tersebut ke arahnya agar meyakinkan bahwa makanan tersebut sangat enak untuk dikonsumsinya. Setelah itu lemparkan sebagian lagi ke arah dekat Anda tanpa melakukan pergerakan tiba-tiba. Biarkan kucing mendekat dengan sendirinya.

Anda bisa memberikan sisa makanannya tersebut dari telapak tangan Anda tanpa menyentuhnya terlebih dahulu. Kucing memang memiliki sifat yang manja sudah dari sananya sehingga jika memakan dari tangan Anda dan terlihat masih memiliki makanan lain akan langsung mendekat dengan sendirinya. Jika sudah tertangkap segera masukkan ke dalam rumah atau ke dalam kandangnya.
Bagaimana Trik Cara Menjinakkan Kucing Yang Liar

Pengenalan Kucing Liar
Tips selanjutnya adalah mengenalkan lingkungan rumah yang baru terhadap kucing tersebut karena dikhawatirkan jika dibiarkan akan langsung pergi ke luar rumah. Anda perlu mengurungnya dengan tetap menjaganya selama beberapa hari. Pada tahap ini Anda juga bisa mengeluarkannya dari kurungan dan bermain bersamanya. Cara ini juga semakin menambah kedekatan Anda dengan peliharaan Anda. Cara menjinakkan kucing selanjutnya dengan memberikan makanan dan minuman yang layak konsumsi. Anda juga bisa memandikannya sebelum memberikan makanan untuk kotoran yang mungkin menempel.

Perlakukan Kucing Selayaknya Peliharaan
Langkah berikutnya hanya memberikan kenyamanan dan memeliharanya dengan baik. Menjinakkan kucing memang berakhir pada tahap ini. Selanjutnya Anda hanya perlu menyediakan Box untuk tempat tinggalnyaa dan memberikan tempat tidur untuk kucing. Secara alami kucing akan mengenali Anda sebagai tuannya yang baru sehingga tidak akan pergi dari rumah.
Cara Menjinakkan Kucing Hutan Kampung Kucing Lokal Jalanan Yang Liar Agresif

Beberapa kucing ketika dipelihara akan terus menerus mengeong dan menginginkan untuk keluar rumah. Hal ini berarti ada sesuatu hal yang dia khawatirkan, entah masih memiliki anak atau tidak suka dengan lingkungan Anda. Itu hanya sementara saja. Namun, jika dalam 3 hari setelah menangkapnya belum berhasil menjinakkannya lebih baik untuk melepaskannya kembali.

Itulah beberapa info dan teknik jika kita bermaksud untuk menjinakkan kucing. Yang patut diingat, Anda tidak boleh memaksa atau bermain kasar terhadap kucing baru tersebut karena akan semakin menambah ketidaknyamanannya bersama dengan Anda. Perhatikan juga perilakunya, apabila dalam kurun waktu tersebut tidak jinak lebih baik untuk melepaskannya kembali.