Cara Menjinakkan Kucing Peliharaan

By | March 30, 2017

Menjinakkan Kucing

Kucing adalah binatang yang yang lucu dan sangat menggemaskan. Dalam agama islam kucing merupakan termasuk binatang yang dihormati. Hewan piaraan ini merupakan binatang kesayangan nabi Muhammad SAW. Kucing memiliki bulu halus yang sangat indah sehingga banyak yang menyukainya. Hewan imut ini termasuk ke dalam keluarga harimau. Tak heran jika kucing juga memiliki cakar, kuku, dan gigi seperti halnya harimau. Ini merupakan senjata untuk memepertahankan diri dari musuh dan untuk mendapatkan makanan.

Kucing memang terlihat jinak karena alasan itulah banyak orang yang memilih kucing sebagai binatang peliharaan mereka. Meskipun terlihat jinak, namun ada juga sebagian kucing yang masih liar. Tetapi, kita tak perlu bingung untuk menjinakkannya. Pada artikel ini akan dibagikan tips dan cara untuk menjinakkan kucing peliharaan yang masih liar.

Apapun jenisnya, baik kucing ras seperti anggora ataupun kucing kampung atau kucing hutan bisa menggunakan cara ini. Umur kucing yang masih kecil (anak) ataupun yang sudah besar pun tetap bisa dijinakkan.
Cara membuat kucing jinak

Cara Membuat Kucing Jinak

Memahami Bahasa Tubuh Kucing
Tips yang pertama untuk menjinakkan kucing yang masih liar tentunya adalah memahami atau mengenali bahasa tubuhnya. Kita harus melihat gerak-gerik kucing. Perhatikan pupil matanya, jika pupil mata kucing sudah membesar seperti mau lepas itu berarti kucing sedang dalam keadaan marah. Dan lebih baik kita tidak mendekatinya.

Tanda lain ketika kucing sedang emosi adalah ketika kucing sudah mulai merasa gelisah serta daun telinga kuping melengkung kebelakang dan terlihat seperti mengeram. Wah kalau sudah seperti ini, kucing mulai marah dan merasa terganggu dengan keberadaan kita. Maka lebih baik kita menghindar dulu karena ia merasa terancam.

Menyediakan Tempat Tinggal Untuk Kucing
Menyediakan tempat tinggal merupakan salah satu cara untuk membuat kucing jinak. Buat tempat tinggal kucing yang pas dan selengkap mungkin agar kucing merasa nyaman dipelihara oleh kita. Persiapkan juga peralatan yang dibutuhkan oleh kucing seperti tempat makan, tempat minum, tempat untuk buang air, dan juga mainan kucing.

Yang tak kalah pentingnya juga adalah jangan lupa untuk memberi cahaya yang cukup untuk tempat tinggal kucing. Usahakan jangan memberikan intensitas cahaya yang terlalu banyak karena hewan ini tak suka cahaya yang terlalu terang.

Tepat Waktu Saat Memberi Makan
Memberi makan tepat waktu dapat membuat kucing merasa bergantung kepada majikannya. Selain itu hal ini juga akan membuat kucing galak menjadi jinak, patuh dan setia pada majikan. Beri makan kucing tiga kali sehari dan jangan lupa beri minum.

Beri kucing makan dan minum ditempatnya dan didalam kandangnya. Tujuannya supaya kucing tak terbiasa makan disembarang tempat. Juga jangan biasakan telat untuk memberinya makan. Sebab, hal ini dapat membuat kucing suka mencuri makanan majikannya.
Cara menjinakkan anak kucing

Memberi Kucing Tempat Untuk Buang Kotoran
Kita wajib menyediakan tempat kotoran untuk kucing agar kucing terbisa buang kotoran ditempatnya. Pada umumnya kucing akan buang kotoran beberapa menit setelah makan. Jika kucing enggan untuk membuang kotoran pada tempatnya dan buang air disembarang tempat, bersihkan kotoran dimana dia membuangnya. Lalu taruh sedikit kotoran dia tadi pada tempat yang seharusnya dia buang kotorannya. Hal tersebut akan membuat kucing tahu dan perlahan mengerti dimana dia harus membuang kotorannya.

Mengenalkan Kucing Pada Kondisi Sekitar
Cara ini dilakukan untuk membuat kucing merasa nyaman dan tidak stress dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Jika sudah mengenal kondisi lingkungan sekitarnya, maka ia akan terbiasa dengan kegiatan serta dengan orang-orang di sekelilingnya. Dengan begitu ia tidak akan merasa risih, kaget, atau terganggu lagi, yang pada akhirnya akan membuat kucing jadi jinak.

Sering Bercanda Dengan Kucing
Mengajak kucing bercanda akan membuat kucing merasa dekat dengan kita. Ia akan merasa nyaman dengan kita sehingga kucing akan selalu menurut kepada kita. Kita juga bisa mengajak kucing berjalan-jalan di area sekitar. Liat di artikel berikut bagaimana cara bermain dengan kucing.

Membuat Kucing Merasa Percaya Diri
Meningkatkan kepercayaan diri kucing sangatlah penting. Agar kucing tidak merasa takut dengan lingkungan sekitarnya. Jangan pernah membentak kucing. Perintah kucing dengan cara yang halus. Karena membentak kucing dapat membuat kucing merasa stress dan takut kepada kita.

Jika kucing melakukan kesalahan jangan memukulnya, lebih baik kita gendong dan mengelus bulunya dengan halus, atau dengan cara mencipratkan air ke wajahnya. Hal ini akan membuat kucing memahami maksud kita. Bagaimanapun kucing adalah makhluk yang butuh kasih sayang dari kita. Jadi kita tak boleh memarahinya apalagi sampai memukulnya.

Itulah tadi beberapa tips dan cara untuk menjinakkan kucing peliharaan yang masih liar. Jika kita mempraktekkan langkah-langkah diatas dengan sepenuh hati, maka kucing yang masih galak akan berubah menjadi jinak.