Cara Merawat Bulu Kucing Agar Indah & Bagus

By | November 8, 2017

Bagi pemilik kucing yang memiliki jenis kucing berbulu halus, panjang, dan lebat memang sedikit lebih repot daripada kucing lain pada umumnya. Perlu adanya perhatian khusus agar bulu dari kucing tersebut tidak rontok dan tetap terjaga keindahannya. Perawatan yang asal-asalan juga akan membuat kondisi bulunya menjadi buruk dan tidak sehat.

Ada beberapa masalah yang sering dihadapi pada kucing berbulu lebat. Misalnya saja bulu rontok hingga rentannya masalah kesehatan seperti jamur dan kutu. Jadi kita perlu perhatian ekstra dan serius dalam merawat bulu kucing tersebut. Bagaimana cara merawat bulu kucing yang benar? Tak perlu bingung, di bawah ini sudah ada langkah-langkah dalam merawat bulu kucing agar senantiasa tetap indah, halus, lebat, dan sehat.
Tips Merawat Keindahaan Bulu Kucing Supaya Bagus

Tips Merawat Keindahaan Bulu Kucing Agar Tetap Bagus

Memandikan Kucing
Tips untuk perawatan bulu kucing yang pertama adalah dengan memandikannya secara rutin. Kucing normalnya dimandikan setiap 2 sampai 3 hari sekali karena perlu penyesuaian juga terhadap bulu dengan lingkungannya. Cara memandikannya sangat sederhana dan hanya perlu menyediakan perlengkapan khusus untuk mandi kucing. Agar tidak terjadi masalah pada bulu kucing sebaiknya jangan menggunakan sampo atau sabun secara sembarangan karena akan menyebabkan iritasi pada kulit kucing. Memandikannya sampai menyeluruh dari kaki sampai sela jarinya juga diperlukan untuk menjaga kebersihannya.

Grooming
Grooming atau yang dikenal sebagai kegiatan untuk merawat bulu kucing ini memang membutuhkan alat tersendiri. Anda bisa membelinya di internet atau toko hewan, ada beberapa alat yang termasuk ke dalam alat grooming ini itu berbagai jenis gunting, sisir, dan sikat. Alat tersebut memiliki perannya masing-masing dalam merawat bulu kucing. Pada perawatan grooming ini yang perlu Anda perhatikan adalah memotong kukunya yang tajam, merapikan bulu bagian muka, merapikan bulu di sekitar telinga dan masih banyak lagi.

Merawat Kesehatan Tubuh Kucing
Cara untuk merawat bulu kucing agar memiliki bulu yang indah tidak berhenti di situ saja. Masih ada langkah lain yang perlu dijalankan seperti merawat bagian hidung dan merawat bagian telinga. Kucing tidak bisa membersihkan tempat tersebut sehingga rawan untuk menjadi kotor. Bagian ini seringkali luput dari perhatian. Padahal kita hanya perlu membersihkannya dengan kapas sampai bersih.

Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan sebagai cara dalam merawat keindahan bulu kucing agar tetap menjadi halus dan bagus. Beberapa jenis kucing berbulu lebat memang memiliki masalah terhadap kesehatannya sehingga kita perlu merawatnya secara periodik dan rutin.

Pecinta Kucing

Your email address will not be published. Required fields are marked *