Ciri-Ciri Kucing Sedang Mengalami Stres

By | November 5, 2017

Masalah stress bisa menyerang siapa saja. Tidak hanya pada manusia namun ternyata kucing pun dapat mengalami yang namanya stres. Kondisi tertekan ini memang dipengaruhi oleh banyak hal, bisa dari penyakit, bisa dari lingkungan, ataupun dari masalah kesehatannya yang sedang terganggu. Kondisi stress bisa dialami anak maupun induk kucing itu sendiri, apapun jenisnya. Oleh karena itu, kita wajib menenangkannya.

Bagi pemilik kucing tentu akan merasa khawatir jika kucingnya terus berdiam diri ataupun menunjukkan perilaku yang lain dari biasanya. Kemungkinan dan akibat terburuk apabila terus membiarkannya adalah kematian jika ia terkena stres berat. Sebagai pemilik peliharaan, kita memang dituntut untuk lebih waspada dan peduli terhadap hal kecil sekalipun dari hewan peliharaan. Kita wajib mengetahui bagaimana ciri ciri kucing yang stres sebagai tanda bahwa ia sedang dalam kondisi yang tertekan.
tanda tanda kucing stres

Tanda-Tanda Kucing Lagi Stres

Sering Buang Kotoran Selain di Litter Box
Kucing juga menunjukkan jika dirinya sedang stres, hal ini ditAndai dari caranya mengeluarkan kotoran yang tidak pada tempatnya. Biasanya kucing akan mengeluarkan kotoran hanya di Litter Box tetapi akhir-akhir ini sering sekali keluar dari tempatnya tersebut bahkan karpet bisa menjadi incarannya. Anda perlu waspada dan segera memeriksa kondisi dari kucing tersebut karena dikhawatirkan kucing tersebut sedang stres. Coba amati apa yang membuatnya stres misalkan perlakuan Anda atau penyakit yang sedang dideritanya.

Menggaruk Badannya Secara Berlebihan
Aktifitas kucing yang menggaruk tubuhnya memang normal. Namun, bagaimana jika dilakukan secara berulang dan terus menerus? Ini merupakan salah satu pertanda jika kucing mengalami stres di mana ada masalah di tubuhnya. Kemungkinan besar kucing tersebut terserang kutu atau jamur yang dalam membuat kulitnya menjadi iritasi. Coba periksa pada bagian bulunya apakah ada banyak kutu atau tidak, jika ada masalah tersebut segera tangani dengan benar.

Menurunnya Nafsu Makan
Seperti biasanya kucing idaman memiliki nafsu makan yang besar namun bagaimana jika nafsu makannya menjadi hilang dalam jangka yang dekat? Kucing ini sedang mengalami stres dimana terkadang tidak mau mendekati makanannya sekalipun. Banyak penyebab yang membuat kucing ini menjadi stres tetapi sebagian besar mengatakan bahwa sumbernya adalah penyakit. Kucing tidak akan nafsu makan apabila dia sedang terserang penyakit sehingga perlu segera Anda tangani. Ciri-ciri kucing stres ini memang banyak terlihat pada kucing umumnya.

Dari beberapa informasi yang sudah dibagikan semoga bisa membantu jika terkena masalah ini. Ciri ciri dan pertanda kucing yang sedang stres memang bisa dilihat dari luar dan bila kita menemukan masalah tersebut agar bisa menghubungi dokter hewan terdekat.

Pecinta Kucing

Your email address will not be published. Required fields are marked *