Fakta Tentang Kucing

By | May 11, 2017

Fakta Kucing

Sebagai binatang yang seringkali dipilih menjadi binatang peliharaan, kucing memiliki berbagai keistimewaan. Binatang dengan nama Latin Felis Catus ini memiliki suara yang lembut dan lucu. Meskipun begitu, suara kucing jantan bisa berubah ketika mereka memasuki fase musim kawin. Suara kucing jantan akan lebih besar, terutama ketika mereka melihat kucing betina yang ditaksir. Fakta tentang kucing dalam hal suara juga sangat beragam. Di negara kita, suara kucing selalu ditafsirkan sebagai “meong”. Penafsiran ini ternyata berlainan di banyak negara. Bahkan, di Amerika dan Inggris, yang sama-sama menggunakan Bahasa Inggris, menuliskan suara kucing dengan tulisan berbeda, yakni “meow” di Amerika, dan “Miaow” di Inggris. Sementara yang unik adalah di negeri Sakura, orang-orang disana mengenal suara kucing ditulis dengan kata “Nya”.

Kelembutan suara ini bisa menjadi senjata rahasia kucing untuk menaklukkan hati manusia lho. Kucing bisa merasakan apakah seseorang menyayanginya atau tidak dari perasaan atau aura manusia. Karena itulah sangat sulit mengusir kucing liar dari rumah walaupun kita seringkali pura-pura marah pada mereka. Kucing akan me-meong rendah dan melas saat berada disekitar seseorang yang sering memberinya makan. Manipulasi itu memang sering dilakukan oleh kucing agar mereka bisa mendapatkan makanan.

Fakta kucing

Apa saja fakta aneh dan unik tentang kucing yang menarik dan belum banyak diketahui?

Fakta Unik Kucing

Ada berbagai macam fakta tentang kucing yang mungkin masih belum diketahui banyak orang. Meskipun bertubuh kecil, kucing justru memiliki ruas tulang belakang lebih banyak dari manusia. Pada tubuh kucing, terdapat 30 ruas tulang belakang. Sementara total tulang yang ada dalam tubuh kucing sebanyak 230 tulang. Jumlah keseluruhan tulang kucing 24 kali lipat dari milik manusia!

Aneh tapi nyata, banyaknya tulang dalam tubuh kucing tidak akan membatasi gerakan mereka sama sekali. Tubuh kucing justru sangat lentur. Mereka bisa memutar kaki depan ke semua arah. Kucing bisa dengan mudah melewati celah-celah sempit karena mereka tidak memiliki collarbone. Pasti sering dong melihat si meong keluar masuk melalui sebuah lobang yang kecil?

Kucing memiliki indra penciuman yang sangat baik pula. Ketika kucing diberi makanan, mereka akan lebih mengandalkan penciuman daripada perasanya. Pasalnya, sensor syaraf perasa di lidah kucing hanya berjumlah 473, berbeda dengan manusia yang memiliki sensor syaraf perasa sebanyak 9000. Oleh karena itu, kucing bisa makan dengan lahap ketika mereka diberi makanan dengan aroma yang pekat. Jadi, jangan heran jika kucing menolak makanan yang sudah berada di udara terbuka selama berjam-jam. Biasanya kucing yang diberi makan makanan kering dan tidak habis, oleh pemiliknya makanan tersebut tetap dibiarkan di dalam mangkuk makan si kucing. Mereka tak akan mau menyentuh makanan itu lagi karena baunya sudah hilang.
Fakta unik kucing

Binatang dengan mata besar ini juga bisa menjadi pendeteksi gempa yang baik. Kaki-kaki kucing merupakan bantalan dengan saraf sangat sensitif sehingga dapat mendeteksi adanya getaran dalam bumi. Mereka akan bertingkah aneh atau terlihat seperti ketakutan sebelum terjadi gempa bumi.

Tidak hanya bantalan kakinya, pendengaran kucing juga sangat sensitif, bahkan lebih sensitif daripada anjing. Kucing bisa mendengarkan hingga 65 kHz, hampir 3 kali lipat lebih tinggi dari manusia. Itulah sebabnya mengapa kucing lebih merespon panggilan seorang wanita daripada seorang pria. Wanita memiliki puncak suara yang lebih tinggi.

Bagi pemilik kucing, pasti sudah biasa mengelus-elus punggung atau perut kucing. Biasanya kucing akan menggigit kita dengan lembut setelah kita mengelus mereka. Dalam hal ini, gigitan kucing bukan karena mereka marah melainkan karena mereka suka dielus-elus. Kucing juga akan menggosokkan badannya ke kaki kita ketika mereka ingin menandai kita sebagai pemiliknya. Ini merupakan salah satu dari kebiasaan dan bahasa tubuh kucing yang tak banyak dipahami orang. Ini menunjukkan bahwa mereka sayang dengan kita dan menganggap kita sebagai tuannya. Cara itu juga dilakukan mereka agar bau tubuh kita bisa dideteksi oleh mereka. Tidak jarang pula kucing liar yang sering diberi makan akan menggosokkan tubuh mereka ke kaki kita juga jika mereka mulai merasa akrab. Dengan cara itu, kucing bisa mengendus jejak dan menemukan jalan kembali ke rumah kita.
Fakta unik dan menarik tentang kucing

Bagaimana dengan bulunya? Kucing terlahir dengan warna bulu yang berbeda-beda, membuat mereka sangat lucu dan beragam. Di setiap sentimeter persegi kulit bagian atas, terdapat sekitar 9600 helai bulu. Sedangkan untuk kulit bagian bawah, setiap sentimeter perseginya ditumbuhi 19200 helai bulu. Kucing selalu menjaga kebersihan bulu mereka dengan cara ‘mandi’. Mereka akan menjilati bulu hingga bersih karena air liur kucing juga bermanfaat untuk membersihkan bulu dari kotoran. Bulu-bulu yang tertelan biasanya dimuntahkan oleh kucing. Jangan heran pula ketika mendapati seekor kucing sedang asik makan daun atau rumput. Kucing memakan rumput atau daun untuk melancarkan pencernaan sekaligus untuk memuntahkan bulu-bulu yang menggumpal di dalam perut mereka.

Itulah berbagai fakta tentang kucing yang mungkin belum kita ketahui. Beragam hal unik, aneh, dan menarik bisa ditemukan pada hewan kucing. Dengan mengetahui fakta-fakta tersebut tentu akan membuat kita bisa lebih mengenal kucing peliharaan kita lebih dekat lagi.