Jenis Kucing Kampung Lokal

By | May 1, 2017

Jenis-Jenis Kucing Kampung

Spesies dari ras kucing kampung sebenarnya hanya memiliki satu jenis saja. Secara umum kucing kampung dapat dibedakan berdasarkan warna bulunya. Kucing lokal atau kadang disebut juga kucing domestik ini memang tidak dapat dibedakan berdasarkan bentuk tubuh ataupun kelebatan bulu seperti halnya ras anggora ataupun Persia yang berbeda.

Pemeliharaan kucing kampung memiliki keunggulan dari sisi cara perawatannya. Mereka tidak merepotkan dan mudah untuk dipelihara. Kucing kampung sering disebut dengan kucing liar karena kerap mencuri makanan yang diletakkan di meja makan terutama masakan olahan ikan. Selain itu, kucing ini juga sering berkeliaran tidak jelas meskipun pada akhirnya akan pulang ke majikannya sehingga dijuluki sebagai kucing liar.

Berikut ini cara membedakan jenis-jenis kucing kampung menurut warna bulu penyusun di tubuhnya.

Jenis Ras Kucing Kampung

  • Kucing kampung tiga warna: corak merah, putih, kuning

Jenis-jenis kucing kampung
Kucing tiga warna sering disebut dengan kucing kembang telon. Kucing jenis ini termasuk langka dan lebih sering kita temui pada jenis kelamin betina dan sangat jarang atau bahkan tidak ada kucing tiga warna ini dengan jenis kelamin jantan. Mitosnya, jika seekor induk kucing yang melahirkan bayi kucing belang tiga dengan jenis kelamin jantan, akan langsung dibunuh oleh induknya. Namun itu hanyalah mitos, kita dapat menelaahnya sendiri. kucing tiga warna ini termasuk kucing yang pintar dan juga energik. Meskipun begitu, kucing ini tidak begitu lihai dalam mencari hewan buruan ataupun berkelahi, walaupun kucing ini senang berkeliaran dan jarang sekali tinggal di rumah.

  • Kucing kampung putih

Ras kucing kampung
Kucing putih ini merupakan kucing yang banyak digemari oleh para pecinta kucing karena warna putih di sekujur tubuhnya. Warna putih identic dengan kebersihan dan kecantikan, oleh karena itu kita harus rajin untuk menjaga kebersihannya dengan memandikannya secara rutin. Karena jika tidak, kucing ini akan terlihat kusam dan tidak cerah lagi. Kucing jenis ini banyak dijumpai pada kucing berjenis kelamin perempuan dan jarang sekali ditemui pada kucing jantan. Kucing putih ini tergolong kucing yang rajin, pintar, dan juga energik. Mereka lebih suka untuk bermain-main. Kucing ini juga kucing yang tidak begitu pandai dalam berburu dan berkelahi dengan sesamanya. Namun kucing ini tergolong kucing yang mudah sakit sehingga kita perlu untuk menjada kebersihan dan kesehatannya.

  • Kucing kampung hitam putih

Jenis ras kucing kampung
Kucing hitam putih ini merupakan kucing dengan perpaduan warna yang cantik dan serasi yakni hitam dan putih. Kucing hitam putih ini memiliki typical yang hampir sama dengan kucing merah bata. Kucing ini sedikit pemalas akan tetapi masih mudah untuk diatur. Tidak seperti kucing merah bata, kucing jenis ini gemar berburu dan sering terlihat bertengkar atau berkelahi dengan kucing lainnya.

  • kucing kampung merah bata / kuning

Jenis kucing lokal domestik Indonesia
Kucing merah bata ini merupakan jenis kucing kampung yang sering dijumpai di sekitar lingkungan terutama wilayah Indonesia. Kucing jenis ini merupakan kucing yang penurut, ceria, dan manja. Kucing merah bata ini lebih suka dimanja, disayang, atau dielus-elus di sekitar bagian perut dan lehernya. Tak heran jika kucing jenis ini adalah kucing yang banyak digemari oleh para perempuan karena sifatnya tang manja dan juga penurut. Namun, kucing ini termasuk kucing yang kurang pandai mencari mangsa. Kucing ini sedikit pemalas, dan suka bermalas-malasan di rumah daripada berburu tikus untuk dijadikan mangsa.

Informasi diatas adalah beberapa jenis kucing kampung yang paling sering kita jumpai di sekitar kita. Pada dasarnya kucing kampung atau kucing lokal ini hanya diketahui dari warna bulunya saja. Yang perlu diingat jika kita ingin memelihara seekor kucing, tipe kucing kampung ini sangat mudah untuk berkembang karena mereka sudah terbiasa dengan lingkungan kita dan makanannyapun tergolong tidak rumit dan sederhana.