Kucing Bengal – Ciri Sifat Karakter Perawatan

By | May 31, 2017

Mengenal Ras Kucing Bengal

Kucing Bengala merupakan jenis kucing hasil dari persilangan antara kucing domestic dengan kucing kuwuk / leopard. Kucing Bengal juga disebut sebagai kucing blacan karena kucing ini memiliki corak bulu yang indah seperti pada macan tutul. Spesies kucing ini mulai dikenal di Amerika menjelang tahun 1960an. Kucing ras Bengal memiliki sifat yang hampir sama dengan kucing hutan dengan beberapa sifatnya yang terkenal galak serta agresif.

Akan tetapi, pada kenyataannya kucing Bengali ini juga bisa sangat bersahabat dengan manusia. Kucing jenis ini juga tergolong kucing yang aktif, memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi, senang berkumpul dan juga senang bermain. Kucing ini juga bisa menjadi penghibur bagi pemiliknya dengan atraksi-atraksi yang menggemaskan dari perilaku super aktif kucing Bengal ini.

Kucing Bengal ciri-ciri sifat dan karakter

kucing Bengal memiliki corak bulu yang khas

Karakeristik kucing Bengal

Salah satu karakreristik dari kucing Bengal ini adalah kucing ini memiliki intelegensi yang sangat tinggi yang membuat kucing ini sangat mudah untuk dilatih dan menguasai kebiasaan-kebiasaan yang baru. Keistimewaan lain dari kucing ini adalah mereka mampu melakukan beberapa hal yang tidak dapat dilakuan oleh kebanyakan kucing yang lain, seperti mampu menghidupkan dan mematikan tombol lampu, membuka pintu, Dan menekan tombol pembilas yang ada pada toilet.

Ciri-Ciri Kucing Bengal

Secara fisik, kucing ras Bengal ini memiliki tubuh yang panjang dan juga kokoh. Ukurannya juga lumayan besar namun tidak sebesar ukuran tubuh kucing domestic yang paling besar. Tulangnya juga kokoh dan tegap terutama pada kucing jantan. Ukuran lebar kepala dari kucing ini juga lebih kecil daripada panjang kepalanya. Ukuran kepada yang demikian sesuai dengan bentuk badan yang panjang serta kaki yang panjang juga sehingga menunjang kucing ini untuk melompat dan berlari dengan cepat dan lincah. Ekornya juga panjang dan tebal.

Kucing Bengal memiliki berat badan yang bevarian antara kucing jantan dan betina. Berat badan kucing Bengal jantan berkisar antara 10 kg sedangkan kucing Bengal betina berkisar antara 4 sampai 5 kg. seperti yang sudah dibahas diawal bahwa kucing Bengal memiliki warna atau corak bulu eksotik seperti macan. Corak dalam warna bulu kuing ini didominasi oleh warna coklat dan hitam. Varian warna pada kucing ini yakni coklat cinnamon dengan bintik hitam-kehitaman yang ada pada seluruh bagian tubuh kucing Bengal. Selain itu juga terdapat lingkaran yang berbentuk cincin pada bagian ekor serta garis horizontal yang berwarna gelap sepanjang pnggung kucing.

Sementara pada bagian lehernya tampak berotot dengan ukuran hidung yang besar dan lebar, berwarna meerah disertai dengan garis hitam. Bentuk telinganya juga runcing dan mengarah ke atas sedangkan matanya tampak terlihat besar. Beberapa hal tesebut yang membuat kycing yang ramah dengan manusia ini terlihat buas tidak seperti kenyataanya.
Kucing Bengal

Perawatan kucing Bengal

Kucing Bengal juga mudah untuk dipelihara. Beberapa hal yang dapat kita lakukan adalah dengan menjada kebersihan dari kucing Bengal. Kita dapat secara rutin selama satu minggu sekali dengan tujuan untuk menghilangkan bulu-bulu kucing yang yang sudah mati ataupun dengan cara memandikannya agar bulu-bulu kucing yang sudah mati dapat hilang dengan lebih cepat. Usahakan kita juga menggosok gigi kucing secara rutin satu minggu sekali agar kucing terhindar dari beberapa penyakit.

Berbeda dengan kucing secara umum, kucing ras Bengal cenderung lebih menyukai air. Ya, mereka senang bermain-main dengan air dan seringkali membasahi tubuhnya dengan air seperti mandi atau bahkan berendan pada kamar mandi. Jadi, soal urusan membersihkan kucing ini tidak terlalu banyak kendala.

Selain itu, kita juga perlu memotong kukunya selalam beberapa minggu sekali serta menjaga kebersihan mata dan telinga dengan rutin membersihkannya dengan menyeka mata dengan kain basah dan menggunakan bola kapas untuk membersihkan telinga. Untuk memastikan kesehatannya, kita dapat membawanya ke dokter hewan. Untuk makanan kucing Bengal juga tidak perlu khawatir karena makanan kucing jenis ini sama dengan makanan kucing domestic lainnya.

Demikian beberapa informasi mengenai kucing Bengal. Mudah-mudahan dengan mengetahui ciri-ciri, sifat karakter serta cara perawatan kucing Bengala mampu memberikan gambaran mengenai kucing eksotis satu ini. Tertarik untuk memeliharanya?