Obat cacing untuk kucing

Obat Cacing Untuk Kucing

Kucing Cacingan

Sebelum sampai pada pembahasan mengenai obat cacing untuk kucing, kita kenali dulu mengenai penyakit ini. Cacingan ternyata tidak hanya menyerang manusia terutama anak-anak. Nyatanya, penyakit cacingan juga dapat menyerang kucing kesayangan kita di rumah. Cacingan merupakan infeksi pada organ dalam kucing atau manusia oleh cacing yang bersifat parasit. Jenis cacing yang sebagian besar dapat menyerang kucing adalah cacing pita dan cacing gelang.

Salah satu pertanda kucing yang terserang oleh cacing pita secara umum adalah mengalami mencret. Terkadang pada feses disertai bercak darah. Gangguan dari infeksi oleh cacing pita biasanya juga menyebabkan kurang gizi pada kucing, infeksi usus, kucing terlihat kurus, dan terjadi penyumbatan usus.

Sedangkan kucing yang terserang oleh cacing gelang umumnya menyebabkan penyakit kronis. Kucing akan terlihat kurus dan perutnya buncit. Meong yang terinfeksi cacing gelang akan mengalami gejala mencret hingga bersamaan dengan keluarnya bercak darah pada feses. Gejala lain yang mungkin muncul adalah kucing mengalami batuk-batuk hingga muntah yang disertai keluarnya cacing. Jenis cacing gelang yang biasanya menginfeksi kucing adalah Toxocara cati dan Toxascaris leonina.
Cara mengobati kucing cacingan

Penyebab Kucing Cacingan

Cacingan yang terjadi pada kucing dapat bersumber dari beberapa sumber infeksi seperti berikut.
1. Telur cacing pita dari kutu kucing
2. Telur cacing yang berasal dari tubuhnya sendiri saat kucing menjilati tubuhnya
3. Cacing yang berasal dari daging mentah pada makanan kucing
4. Terinfeksi cacing dari tempat tidurnya yang jarang dibersihkan
5. Indung kucing yang menyusui berpotensi besar menularkan cacing pada anak-anak kucing

Ciri Kucing Cacingan

Apa saja tanda-tanda atau gejala yang ditimbulkan jika seekor kucing terkena penyakit cacingan? Perhatikan si meong kesayangan kita, dan lihat ciri-ciri kucing yang mengalami cacingan seperti berikut ini:
1. Diare
2. Mencret
3. Sesak napas
4. Batuk-batuk
5. Muntah-muntah
6. Hilangnya nafsu makan
7. Kucing menderita anemia
8. Berat tubuh kucing menurun
9. Perut kucing tampak kembung
10. Terkadang disertai pneumonia
11. Keluar bercak darah pada feses
12. Terjadi kerontokan bulu yang parah
13. Nampang lesu serta tidak bersemangat
14. Terlihat benih-benih putih pada anus kucing
15. Kucing terlihat sering menjilati bagian genitalnya

Kucing cacingan
salah satu pertanda dan gejala serta ciri kucing cacingan

Obat Cacing Kucing

Bagaimana cara mengobati kucing cacingan? Kapan saatnya untuk memberikan pertolongan? Jika gejala-gejala seperti yang diuraikan diatas muncul pada kucing kesayangan kita, maka segera lakukan pengobatan pada kucing kita. Tak perlu terlalu risau, harga ubat cacing kucing tidak terlalu mahal kok. Berikut ini nama obat-obatan yang dapat diberikan pada kucing yang terkena penyakit cacingan. Baik kucing kampung ataupun kucing ras bisa menggunakan obat ini.
1. Vermox
Obat ini mengandung mebendazole yang berfungsi menyingkirkan cacing gelang dan cacing pita di dalam tubuh kucing. Obat ini sangat mudah ditemukan di apotek dan petshop.

2. Combatrin
Selain berfungsi mengobati cacingan pada manusia, obat ini juga dapat digunkan pada kucing dengan sangat efektif. Bahan aktifnya berupa Pyrantel yang berfungsi membasmi cacing gelang pada perut kucing.

3. Drontal Cat
Ubat cacing kucing yang satu ini juga sangat efektif mengatasi cacingan. Kandungan bahan aktifnya berupa pyrantel dan prazquantel yang dapat membunuh cacing pita dan cacing gelang di perut cacing. Obat ini dapat ditemukan di petshop.

4. Drontal Plus
Bahan aktif pada obat ini adalah prazquantel, febantel, dan pyrantel yang mampu secara efektif membunuh cacing di dalam perut kucing. Namun sebaiknya obat ini tidak diberikan pada kucing hamil, karena kandungan febantelnya dapat mengganggu pertumbuhan janin kucing.

Jika kucing di rumah kita terserang penyakit ini kita sudah tahu informasi tentang obat cacing untuk kucing yang bisa kita berikan untuk hewan kesayangan kita. Cara mengobati penyakit cacingan pada kucing tidak terlalu merepotkan bukan?