Obat Flu Untuk Kucing

By | March 26, 2017

Kucing Flu

Saat musim dingin atau musim hujan tiba, kita sering sekali mengalami flu dan pilek. Ternyata tidak hanya manusia yang mengalami demikian. Kucing peliharaan atau kucing liar juga bisa mengalam penyakit yang sama. Tidak ada bedanya juga antara kucing kampung dengan kucing ras, keduanya tetap bisa terserang penyakit flu. Tak hanya flu, penyakit kucing cacingan juga bisa menyerang hewan peliharaan yang satu ini.

Kucing akan lebih sering terkena flu apabila belum pernah diberikan vaksin sehingga daya tahan tubuhnya tidak cukup kuat. Terutama pada anak kucing yang baru berusia satu bulanan. Penyakit flu pada kucing tidak akan menular pada manusia karena disebabkan oleh virus flu yang berbeda.

Banyak hal-hal yang menyebabkan kucing mengalami flu. Yang pertama adalah daya tahan tubuh kucing menurun sehingga lebih mudah dan rentan terinfeksi virus. Yang kedua adalah dari virus itu sendiri. Virus utama yang sering menyebabkan flu pada kucing adalah dari herpes (Feline herpesvirus) dan Cacilivirus. Dan penyebab flu kucing berikutnya adalah bakteri. Terdapat dua bakteri yang sering menginfeksi kucing yaitu Chlamydophila felis dan Bordetella bronchiseptica.
Cara mengobati kucing flu

Tanda dan Gejala Kucing Terkena Flu

Apa saja gejala yang timbul sebagai dampak dari flu ini? Kita bisa mengamati kucing kita dan lihat apa saja pertanda yang ada. Berikut adalah ciri-ciri yang dialami kucing saat flu.
1. Demam
2. Lemah lesu
3. Batuk-batuk
4. Bersin-bersin
5. Nafsu makan berkurang
6. Hidung mengeluarkan cairan
7. Mata nampak memerah dan berair
8. Terkadang disertai sariawan pada lidah atau mulut

Cara Mengobati Kucing Flu

Lantas, tindakan apa yang harus kita jalankan sebagai solusi untuk menghilangkan dan mengatasi kucing flu ini? Berikut adalah tips cara menyembuhkan kucing yang terkena flu.
1. Jemur kucing di pagi hari agar dalam keadaan hangat di bawah sinar matahari selama 10-15 menit
2. Kondisikan kandang kucing dalam keadaan hangat
3. Berikan suplemen vitamin pada kucing untuk meningkatkan kekebalan tubuh kucing
4. Berikan madu pada kucing yang ternyata juga mujarab dan ampuh mengobati flu pada kucing. Obat alami ini cukup aman untuk si meong
5. Jangan mandikan kucing saat kucing masih sedang sakit
6. Usap mata kucing jika terjadi mata berair menggunakan kapas atau tisu
7. Bersihkan ingus kucing sesering mungkin karena pada ingus kucing mengandung banyak sekali kuman
8. Jika kucing sebelumnya belum mendapatkan vaksin, maka segeralah berikan vaksin dengan bantuan doketr hewan

Jika kucing peliharaan kita baik kucing kampung maupun kucing ras terserang flu, maka kita sudah tau tips-tips apa saja yang harus kita lakukan sebagai obat untuk menyembuhkan flu kucing. Yang perlu diperhatikan adalah, jangan memberikan obat manusia pada kucing. Karena dosis yang ditawarkan untuk manusia sangat berbeda dengan dosis yang seharusnya diberikan untuk kucing. Jangan sampai sesuatu yang buruk menimpa hewan kesayangan kita.