Kenali Penyakit Kucing Susah Buang Air Besar

By | October 29, 2017

Gangguan kesehatan susah buang air besar pada kucing biasa disebut dengan konstipasi. Hal ini memang sangat merepotkan apalagi juga dapat berakibat buruk bagi kucing tersebut. Bila pemiliknya tidak peka dalam memperhatikan makanan dan pertanda yang muncul, maka dalam jangka panjang akan mengakibatkan kucing menjadi mati. Penyakit susah buang air besar ini dapat menimpa kucing dewasa maupun yang masih anak atau bayi kucing.

Mengapa kucing susah buang air besar? Sembelit atau susah BAB ini memang memiliki penyebab dan gejalanya sendiri. Penyebab secara umum adalah karena salah dalam pemberian jenis makanan, kurangnya konsumsi air pada kucing, sampai gejala penyakit lainnya juga. Walau terlihat sepele, namun jangan pernah untuk mengabaikannya. Lantas, bagaimana solusi atas masalah ini? Kita bisa melakukan beberapa cara untuk mengobati dan mencegah agar gangguan susah buang air besar ini tidak lagi timbul pada kucing peliharaan kita.
kucing sembelit susah buang air besar

Gejala Kucing Susah Buang Air Besar

Mengingat kucing bukanlah hewan yang bisa berbicara, maka kita harus jeli memantau kondisi kesehatannya. Ketika ia tidak bisa buang air besar secara normal, hanya bisa dilihat dari kotoran dan kondisinya saja. Maka dari itu, harus menuntut kepekaan kita dalam memperhatikan gerak-gerik dari si meong kesayangan kita. Tanda-tanda kucing yang susah buang air besar biasanya terlihat lebih lesu, hilang nafsu makan, berat badan turun drastis, sampai kejadian muntah. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa ada yang sedang tidak beres pada kucing tersebut.

Ciri-ciri penyakit kucing sembelit lainnya yakni mereka akan terlihat kesusahan ketika akan BAB. Jika melihat kotorannya, mungkin kita akan lebih paham. Umumnya hewan kucing kebanyakan buang air besar secara utuh dan banyak. Dalam sehari saja bisa 2 sampai 3 kali buang air besar. Jika kita mendapati kotorannya lebih kecil dan sedikit sekali dari biasanya, ada kemungkinan sang kucing sedang mengalami konstipasi.

Cara Mengobati Susah Buang Air Besar Pada Kucing

Cara paling efektif mengobati kucing susah buang air besar ini tentu saja dengan cara mendatangi dokter hewan. Namun, selain cara tersebut, kita juga bisa mencoba menambah asupan air pada makanannya. Atau bisa juga dengan menambahkan campuran makanannya dengan labu. Cara ini akan memberikan serat lebih banyak ke dalam tubuh kucing tersebut dan mendorong kotoran yang menyumbatnya supaya dapat keluar lebih mudah.

Selain itu, ada tips lain yang juga bisa kita lakukan yaitu berganti pada makanan kaleng yang sudah ditambahkan dengan minyak zaitun seperempat atau setengah sendok makan. Kandungan minyak ini dapat berguna untuk melumaskan sistem pada saluran pembuangannya. Jika tips pengobatan tadi masih belum manjur, sebaiknya segera memeriksakan peliharaan kita ke dokter hewan karena dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Mencegah Masalah Kucing Susah Buang Air Besar

Ada juga cara mencegah agar masalah tersebut tidak datang lagi yaitu dengan mengganti makanannya dengan makanan kaleng yang banyak dijual di petshop, karena memiliki kandungan cairan lebih banyak daripada makanan keringnya. Selain itu, kita juga bisa menambahkan diet serat untuk kucing peliharaan kita agar dapat mendorong proses keluarnya kotoran lebih maksimal.

Itulah beberapa tips kalo kucing susah buang air besar agar menjadi lebih lancar. Jika gejala penyakitnya sudah kita ketahui, maka ketika masalah ini menimpa bisa segera diatasi. Sayangi kucing kita, perhatian adalah hal yang mutlak diperlukan. Melihat kucing peliharaan lebih lincah dan sehat pastilah menjadi dambaan setiap pemiliknya, begitu juga dengan Anda bukan?

Pecinta Kucing

Your email address will not be published. Required fields are marked *