Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

By | April 22, 2017

Beda Kucing Anggora Dengan Persia

Sebagai hewan peliharaan paling diminati, kucing memiliki berbagai ras yang bisa dipilih oleh para pecinta kucing. Jenis kucing yang paling populer adalah kucing Anggora dan kucing Persia. Kedua jenis kucing ini tak hanya bisa menarik hati pecinta kucing saja, tetapi juga banyak orang lainnya. Banyak orang yang tertarik memelihara kucing setelah melihat kedua jenis kucing ini di toko hewan (petshop).

Sekilas, kedua jenis kucing ini terlihat sama, apalagi yang memiliki warna bulu sama. Jika kita ingin memelihara salah satu dari kedua jenis ini, kita harus mengetahui perbedaan kucing yang berasal dari Turki dan dari Iran ini. Lantas bagaimanan cara membedakan antara kucing Persia dan Anggora? Untuk mengetahui ciri-ciri khas dari mereka, simak tips perbandingan antara keduanya seperti uraian dibawah ini. Baca juga: ciri kucing Anggora yang asli.
Beda kucing Anggora dengan Persia

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Aktivitas/Kegiatan
Dalam hal keaktifan dan kelincahan, keduanya sudah terlihat bedanya. Kucing Anggora lebih suka bermain daripada kucing Persia. Saat kita memelihara Anggora, kita harus siap melihat kucing ini memanjat tempat-tempat tinggi. Bahkan, jangan heran jika kita tak bisa menemukan kucing yang satu ini di bawah. Biasanya kita akan menemukannya di atas lemari atau bahkan bertengger di atas pintu.

Berbeda dengan Anggora, Persia akan lebih mudah ditemukan sedang istirahat di kasurnya sendiri. Kucing Persia tidak terlalu bersemangat bermain. Kucing gemuk ini juga berjalan dengan lembat, sedangkan kucing Anggora lebih suka ketika diajak berlari-lari saat bermain.

Meskipun kucing Persia tidak terlalu aktif bermain, kita harus tetap memberinya perhatian serta memanjakannya karena kucing yang satu ini memiliki sifat manja, angkuh, namun cerdas dan lembut. Sementara kucing Anggora memiliki sifat yang lebih friendly karena kucing ini gampang beradaptasi dengan lingkungan, suka bermain, serta enerjik.

Perbedaan kucing Anggora dan persia

Anggora lebih aktif dan enerjik sementara persia lebih banyak berdiam diri dan bermalas-malasan

Bentuk Kepala dan Wajah
Perbedaan paling mencolok dari kucing ras Anggora vs Persia adalah bentuk kepala serta wajahnya. Seperti pada manusia, kita bisa membedakan kedua jenis kucing ini melalui bentuk wajah mereka. Sebelum membahas perbedaan wajahnya, kita bahas bentuk kepalanya terlebih dahulu. Kucing Anggora memiliki bentuk kepala segitiga terbalik. Kepala kucing Anggora lancip di bagian bawahnya. Bentuk kepalanya tersebut berbeda dengan bentuk kepala kucing Persia yang berbentuk bulat. Kepala kucing Persia tersebut membuat kucing ras ini menjadi terlihat lebih gembul dan menggemaskan.

Wajah kucing Persia dihiasi dengan hidung pesek, yang menjadi ciri khas kucing asal Iran ini. Kucing Persia yang memiliki hidung sangat pesek dinamai peaknose. Sementara kucing Anggora memiliki hidung yang sedikit lebih mancung. Hidung kucing Anggora lumayan lancip, seperti kebanyakan hidung kucing lokal. Bentuk mulut kucing Persia biasanya melengkung ke bawah, membuat kucing yang satu ini terlihat malas namun terkesan beringas. Berbeda dengan kucing Anggora yang didukung garis hidung yang tegak, kucing Anggora terlihat lebih anggun dan bersahabat.

perbedaan kucing Anggora dengan Persia

bagian kepala dan wajah dari Anggora dan Persia memiliki ciri khas yang berlainan

Bulu Tubuh dan Ekor
Secara umum, kedua ras kucing ini memiliki bulu yang tebal dan panjang jika dibandingkan kucing lokal. Bulu kucing Anggora tidak selebat kucing Persia. Uniknya, bulu kucing Anggora bisa melakukan adaptasi dengan suhu lingkungannya. Jika Anggora tinggal di tempat panas, atau selama musim panas, bulunya tidak bertambah panjang atau tumbuh pendek saja. Ketika musim dingin, bulu Anggora akan cepat tumbuh, panjang, dan lebat.

Bagian tubuh kucing Anggora yang paling banyak ditumbuhi bulu adalah ekornya. Hal ini berbeda dengan kucing Persia yang diseluruh bagian tubuhnya ditumbuhi dua lapisan bulu sehingga bulunya sangat tebal serta panjang. Bagian ekor kucing Persia juga ditumbuhi bulu lebat, lebih panjang daripada bulu ekor kucing Anggora. Oleh karena itu, bulu kucing Persia terkesan menjuntai lantaran bulunya sangat panjang.

Cara mengetahui perbedaan ciri khusus antara kucing anggora dan persia

ciri khas Anggora dan persia walaupun sama-sama mempunyai bulu lebat dan panjang namun tingkat ketebalannya berbeda

Corak Telinga
Jika kita melihat dengan teliti, bentuk telinga kedua jenis kucing ini juga berbeda lho. Kucing Anggora memiliki telinga berbentuk segitiga sempurna. Daun telinga yang ramping dan ujung telinganya meruncing membuat telinga kucing Anggora berdiri tegak sehingga Anggora tidak terlihat gemuk di wajah. Sedangkan kucing Persia memiliki telinga lebar dan pendek. Bentuk telinganya yang tidak terlalu ramping mendukung kucing Persia terlihat gemuk.

Bentuk tubuh
Perbedaan lain yang mencolok dari kucing ras Anggora dan Persia adalah bentuk tubuh mereka. Kucing Anggora bentuk tubuhnya tidak besar, tapi juga tidak kecil. Ukuran yang sedang, ditambah dengan bentuk tubuh yang lumayan langsing membuat kucing Anggora memiliki tubuh yang panjang sehingga terkesan proporsional. Sementara itu, kucing Persia memiliki tubuh gemuk dan padat sehingga terlihat lebih gempal. Berat kucing Persia bisa lebih berat daripada kucing Anggora.

Perbedaan kucing Persia dengan Anggora

bentuk tubuh secara keseluruhan yang tidak sama

Bagian Kaki
Selain bentuk kepala, kaki juga bisa menjadi pembeda kucing ras Anggora dan ras Persia. Anggora memiliki kaki yang lumayan panjang, membuat kucing ras ini memiliki tubuh tinggi. Kuku-kukunya kecil tetapi tajam. Buku-buku kakinya juga tidak segemuk buku kaki kucing Persia. Apalagi, kucing Persia juga memiliki kaki yang lebih pendek daripada kucing Anggora. Buku kaki kucing Persia berbentuk lebih bulat karena bentuk tubuhnya pun lebih gemuk daripada Anggora. Kucing Persia memiliki lima jari pada dua kaki depannya, sedangkan di kaki belakangnya hanya ada empat jari di masing-masing kaki.

Bentuk dan Warna Mata
Bentuk mata pada kedua ras kucing ini berbeda jika diamati. Mata kucing Persia bentuknya bulat sedangkan kucing Anggora cenderung memiliki mata yang berbentuk lonjong. Bentuk mata kucing Persia seringkali membuat kucing berbulu panjang ini terkesan mengantuk karena pandangannya sayu.

Untuk warna mata, kucing Anggora dan Persia sama dengan kucing ras lainnya. Warna mata mereka berbeda-beda, tergantung warna bulu dan induknya. Tak jarang juga seekor kucing Anggora atau Persia memiliki dua warna mata yang berbeda. Salah satu anggapan tentang mata kucing Anggora dan Persia yang paling banyak dikenal adalah warna mata biru yang konon merupakan pertanda bahwa kucing tersebut tuli.

Itulah tadi tips mudah cara mengetahui ciri perbedaan antara kucing Persia dan Anggora. Karena jenis rasnya memang berbeda, keduanya tentu memiliki keunikan sendiri-sendiri. Bagaimanapun juga, meong dari ras ini sama-sama bisa menjadi hewan peliharaan yang baik, pintar, dan bisa menjadi teman sehari-hari. Ketika kedua ras ini dipelihara, mereka juga bisa dilatih agar patuh dan tidak sembarangan buang air. Kucing Anggora dan kucing Persia sama-sama cerdik sekaligus cepat belajar.