Tips Cara Memandikan Kucing

By | October 8, 2016

Merawat dan memelihara kucing dengan baik memang menjadi tanggung jawab dari pemilik binatang. Hal ini juga berlaku pada kucing karena harus rutin untuk dimandikan. Pada kucing dan hewan berbulu lainnya memang tidak boleh dimandikan sering kali karena akan membuat bulunya menjadi mudah rontok.

Kucing memerlukan aktivitas mandi hanya 1 atau 2 minggu sekali untuk menjaga kelembutan dari bulunya. Jika Anda memiliki kucing khas dengan bulu yang indah memang lebih sulit jika dibandingkan dengan kucing biasa karena harus menyediakan peralatan mandinya secara khusus seperti shampoo, sabun, cairan pembersih, dan lainnya. Ada juga cara tersendiri untuk memandikannya karena tidak sembarangan.
Tips Memandikan Kucing Yang Baik dan Benar

Tips Memandikan Kucing Peliharaan

Waktu Mandi Kucing Yang Tepat
Anda bisa memilih waktu mandi yang tepat untuk kucing Anda karena tidak semua kucing memiliki sifat yang sama. Biasanya ketika melihat ada kubangan air maka kucing akan berusaha untuk menghindarinya. Anda juga bisa melihat kondisi dari kucing tersebut apakah sudah kotor atau belum dengan begitu Anda sudah siap untuk memandikannya. Dengan mandi yang tepat akan menghindarkannya dari parasit dan penyakit yang ada pada kucing tersebut.

Potong Kukunya Dengan Baik
Sebelum mengajaknya untuk mandi sebaiknya periksa kukunya terlebih dahulu. Selayaknya binatang peliharaan memang perlu memotong kukunya secara rutin agar tidak terlalu tajam. Potong pelan-pelan pada ujung kuku jarinya agar menjadi tumpu, jangan terlalu banyak memotongnya karena bisa melukai kucing tersebut. Biasanya kuku ini digunakan untuk menerkam musuhnya sehingga perlu adanya perawatan.

Tips Memandikan Kucing Peliharaan

Persiapkan Alat Mandi si Kucing
Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan alat mandi seperti sabun dan shampoo khusus untuk kucing. Anda bisa langsung memandikannya secara menyeluruh dari bagian bawah kakinya, sela kaku, sampai ke telinganya. Kondisi yang bersih juga akan mendukung kesehatan dari kucing tersebut. Biasanya kucing akan menolaknya dan berusaha untuk kabur, apabila diperlukan bantuan orang lain segera minta saja karena memandikan kucing juga termasuk kegiatan yang merepotkan.

Demikian tips memandikan kucing peliharaan yang bisa Anda lakukan di rumah sendiri. Beberapa kucing mungkin akan menyukai kegiatan tersebut tetapi kebanyakan juga banyak yang menolaknya. Anda perlu mencari cara lain yang sesuai dengan kucing Anda sendiri.